Friday, November 28, 2008

Mendagri Lantik Dalipang Caretaker Bupati Toraja Utara

Sulsel menjadi 24 kabupaten setelah daerah wisata internasional, Kabupaten Tana Toraja, dipecah menjadi dua.

Sumber: Tribun Timur, Makassar

Kamis, 27-11-2008 
Mendagri Lantik Dalipang Caretaker Bupati Toraja Utara
Makale, Tribun - Menetri Dalam Negeri (Mendagri) Mardianto melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tana Toraja, YS Dalipang, sebagai caretaker Bupati Toraja Utara, Rabu (26/11) kemarin.
Pelantikan Dalipang yang digelar di Lapangan Bakti, Rantepao, Toraja Utara, dirangkaikan dengan peresmian Toraja Utara sebagai kabupaten termuda di Sulsel.
 
Hadir dalam acara pelantikan ini Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Idrus Marham, Ketua DPRD Sulsel M Roem, anggota DPD RI Pdt Ishak Lambe, Bupati Toraja JA Situru, sejumlah kepala daerah/wakil kepala daerah dan anggota DPRD se-Sulsel, serta tokoh masyarakat Toraja.
Dengan diresmikannya Toraja Utara yang mengacu pada Undang-Undang No 28 Tahun 2008, Bumi Lakipapada saat ini terbagi menjadi dua daerah otonom.
Kabupaten Toraja memiliki 19 kecamatan dengan ibu kota kabupaten di Kecamatan Makale, sementara Toraja Utara memiliki 21 kecamatan dan Kecamatan Rantepao sebagai ibu kota kabupaten.
Mardianto yang pernah menjabat sebagai Komandan Kodim Makassar meminta kepada Dalipang agar sesegera mungkin membentuk struktur organisasi pemerintahan.
"Namun yang terpenting adalah jangan membentuk organisasi pemerintah yang besar atau banyak karena tidak akan efektif dan hanya akan membebani keuangan daerah atau negera," katanya.
Selain membentuk struktur organisasi pemerintahan, tugas utama Dalipang selaku penjabat bupati adalah memfasilitasi terbentuknya lembaga dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) dan mempersiapkan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diharapkan dapat terlaksana setahun kemudian.
Mardianto yang telah beberapa kali berkunjung ke Tana Toraja sewaktu masih aktif sebagai anggota TNI juga menyatakan bahwa selaku penjabat bupati, Dalipang tidak diperbolehkan mencalonkan diri pada pilkada mendatang.
"Hal tersebut dimaksudkan agar penjabat bupati lebih konsentrasi dalam menata dan meletakkan pondasi pembangunan di Toraja Utara," katanya.
Menyinggung mengenai potensi pariwisata yang dimiliki Toraja, Mardianto berharap agar budaya dan kawasan wisata Toraja yang telah dikenal dunia dapat kembali dikembangkan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Toraja seperti pada era tahun 80-an.
"Toraja ini sangat kaya dengan potensi wisata dan budaya yang dapat membangkitkan kembali dunai pariwisata di tana air," katanya.
Dengan keberadaan Syahrul sebagai orang nomor satu di Sulsel, Mardianto yakin kejayaan Toraja sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia dapat terwujud.
"Saya percaya pengalaman dan pengetahuan Pak Gubernur (Syahrul) dalam mengelola pemerintahan, beliau adalah salah satu pamong senior yang memiliki kemampuan luar biasa," kata Mardianto yang disambut senyum oleh Syahrul.
Mardianto yang sempat mendapat wejangan dari JA Situru mengenai potensi Toraja Utara juga menitip pesan kepada masyarakat Toraja agar tidak terkotak-kotak
pascadiresmikannya Toraja Utara.
"Marilah kita senantiasa menjaga kesatuan dan kebersamaan," katanya sambil berharap agar masyarakat dan pemerintah dapat menyukseskan pemilu legislatif dan pilpres yang tidak lama lagi akan dihelat.

Tribun Timur, Selalu yang Pertama

Ada peristiwa menarik?
SMS www.tribun-timur.com di 081.625.2233
email: tribuntimurcom@yahoo.com

Hotline SMS untuk berlangganan koran Tribun
Timur, Makassar (edisi cetak) : 081.625.2266.
Telepon: 0411 (8115555) (wd)

--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

No comments: