Thursday, April 24, 2008

500 Wisatawan Asal Guangzhou Akan ke Sulsel

sumber: Tribun Timur, Makassar

Kamis, 24-04-2008 | 19:38:42 
500 Wisatawan Asal Guangzhou Akan ke Sulsel
Laporan: Andi Syahrir, tribuntimurcom@yahoo.com
 
Makassar, Tribun - Sedikitnya 500 wisatawan asing asal Provinsi Guangzhou, Cina, akan melakukan perjalanan wisata ke Sulsel pada tahun kujungan Indonesia (Visit Indonesia Year/VIY) 2008.
 
Ketua Asita Sulsel, Nico B Pasaka, Kamis (24/4), mengatakan, salah satu komunitas masyarakat yang bermukim di Guangzhou sudah menyatakan siap berkunjung ke Sulsel pada 2008 ini.

"Kami telah menjalin kontak dengan pimpinan salah satu komunitas di Provinsi Guangzhou yang anggotanya mencapai dua juta orang itu dan menyatakan mereka siap datang ke Sulsel," ujar Nico yang telah mengunjungi provinsi itu pada Maret 2008.

Dilansir Antara, mereka sangat antusias untuk datang ke Sulsel karena sebagian leluhur mereka lahir di Makassar.

Bahkan beberapa pimpinan komunitas di provinsi itu lahir di Makassar dan setelah bermukim di negara tirai bambu ini, mereka belum pernah kembali ke Sulsel lagi.

Menurut dia, jumlah warga Cina yang melakukan perjalanan wisata mencapai rata-rata dua juta orang dari potensi sekitar 20 juta orang setiap tahun.

"Kalau kita bisa menarik kunjungan sekitar 500 orang pada tahap awal sudah cukup bagus, sehingga ke depan akan lebih baik dan bisa bersaing dengan negara lain, terutama Malaysia dan Singapura," tutur Nico yang juga Dirut Perusda Pariwisata dan Telekomunikasi Sulsel.

Untuk mencapai target kunjungan 40 ribu wisatawan asing ke Sulsel pada tahun kujungan 2008 bukan pekerjaan mudah, tetapi perlu kerja keras dan dukungan dari pemerintah provinsi dan maupun kabupaten/kota.

Selain itu, faktor ketersediaan infrastruktur khsususya bandara juga turut menetukan kehadiran wisatawan asing ke suatu daerah, sementara Sulsel hingga saat ini belum memiliki rute penerbangan langsung ke luar negeri.

Sebab itu, kata Nico, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Sulsel maka Bandara Hasanuddin harus segara menjadi bandara internasional dengan memiliki penerbangan langsung ke luar negeri.(rir)


--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

No comments: