Thursday, June 26, 2008

Apresiasi Jurnalis Jakarta 2008 dari AJI Jakarta

Ide yang bagus tapi saya hanya untuk jurnalis Jakarta.


--- On Tue, 6/24/08, AJIJAK <ajijak@cbn.net.id> wrote:
From: AJIJAK <ajijak@cbn.net.id>
Subject: [mediacare] PENGUMUMAN : Penghargaan APRESIASI JURNALIS JAKARTA 2008
To: ajisaja@yahoogroups.com, jurnalis_jakarta@yahoogroups.com, pengurus_ajijak@yahoogroups.com, mediacare@yahoogroups.com, "jurnalisme" <jurnalisme@yahoogroups.com>
Date: Tuesday, June 24, 2008, 11:08 AM

PENGUMUMAN

APRESIASI JURNALIS JAKARTA 2008

 

Ihwal Penghargaan

Apresiasi Jurnalis Jakarta merupakan suatu penghargaan yang diberikan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta kepada jurnalis-jurnalis muda di Jakarta yang menunjukkan dedikasi dan konsistensi yang tinggi terhadap profesinya, melalui karya-karya jurnalistik yang berkualitas –diutamakan yang menggunakan teknik investigasi- - dan menimbulkan pengaruh cukup luas di kalangan masyarakat.

 

Apresiasi Jurnalis Jakarta diberikan setiap tahun mulai tahun 2002, dan diumumkan bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun AJI setiap Agustus. Penganugerahan penghargaan ini digagas sebagai upaya untuk ikut merangsang munculnya karya-karya jurnalistik yang berbobot dari para jurnalis muda di Jakarta.

 

Apresiasi Jurnalis Jakarta  tahun lalu dianugerahkan kepada tiga jurnalis dari tiga media berbeda. Edwin Nazir dari Astro TV dengan karya "Jika Kekerasan Menjadi Pilihan" (23 Juni 2007), Rebecca Henschke dari kantor berita radio 68H dengan dua serial, "Indonesia smokes out the lungs of the world" dan "Bio-diesel fuels conflict in Central Kalimantan", dan Arif Adi Kuswardono dari majalah Tempo dengan lima serial (21 Januari hingga 25 Maret 2007) tentang upaya Kejaksaan Agung menarik uang Tommy Soeharto dari BNP Paribas Guernsey. 

 

Untuk tahun ini, Apresiasi Jurnalis Jakarta dibagi atas empat kategori:

1.                      KATEGORI MEDIA CETAK DAN ONLINE; diberikan kepada jurnalis yang bekerja dan menghasilkan karya jurnalistik di media cetak dan online, atas karya-karya berpengaruh mengenai persoalan-persoalan atau isu yang bersifat lokal, nasional maupun internasional.

2.                      KATEGORI MEDIA RADIO; diberikan kepada jurnalis yang bekerja dan menghasilkan karya jurnalistik di radio, atas karya-karya berpengaruh mengenai persoalan-persoalan atau isu yang bersifat lokal, nasional maupun internasional.

3.                      KATEGORI MEDIA TELEVISI; diberikan kepada jurnalis yang bekerja dan menghasilkan karya jurnalistik berupa film dokumenter di  televisi, atas karya-karya berpengaruh mengenai persoalan-persoalan atau isu yang bersifat lokal, nasional maupun internasional.

4.                       KATEGORI FOTO; diberikan kepada jurnalis foto yang bekerja dan menghasilkan karya foto yang baik, atas karya-karya berpengaruh terhadap persoalan-persoalan lokal, nasional, maupun internasional.

 

Siapa saja yang Bisa Mendaftar?

Kompetisi ini terbuka untuk untuk setiap jurnalis cetak/online, radio dan televisi, baik anggota AJI Jakarta maupun bukan, yang melakukan reportase dan tugas jurnalistik sehari-harinya di wilayah Jakarta Raya (Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi). Setiap karya harus pernah dipublikasikan atau disiarkan antara  September 2007 sampai Juli 2008.

 

Bagaimana caranya mendaftar?

Isilah formulir pendaftaran yang ada bersama pengumuman ini. Kirimkan formulir pendaftaran dan copy karya yang dikompetisikan via pos atau e-mail ke alamat AJI Jakarta. Bacalah aturan soal kompetisi  ini sejelas-jelasnya. Batas waktu pengiriman adalah  26 Juli 2008. Tidak ada pungutan biaya apapun.

 

Untuk karya di media cetak, peserta harus mengirim copy asli kliping karyanya yang sudah dimuat. Untuk media online, peserta harus mengirim karyanya berupa print out berita yang dimaksud yang di-copy langsung dari situs beritanya. Atau bisa juga mengirimkannya dalam bentuk CD. Tulisan yang dikirim harus masih dalam format HTML, plus dilengkapi alamat situs yang memuat karya itu dan URL-nya. Seorang redaktur media online yang bersangkutan juga diminta membuat pernyataan bahwa karya yang dikirimkan memang pernah dimuat di media itu.

 

Untuk karya di media radio, peserta harus mengirim karyanya dalam bentuk CD (format digital audio MP3 atau WAV ), salinan skrip, dan bukti siar-nya.  Sedang untuk karya di media televisi, peserta harus mengirimkan karyanya dalam bentuk VCD/DVD serta salinan skrip-nya (copy script). Dan, untuk karya foto, peserta harus mengirimkan kliping karyanya, digital file dan foto asli yang sudah dimuat di media.

 

Kirimkan formulir dan karya jurnalistik yang akan dikompetisikan ke Sekretariat AJI Jakarta di : Jl. Prof. DR Soepomo No. 1A, Komplek BIER, Menteng Dalam, Jakarta Selatan 12870. Telp./Faks (021) 83702660 atau via e-mail ke ajijak@cbn.net. id dan panitia penghargaan 'Apresiasi Jurnalis Jakarta' melalui e-mail : ludin_elkarimy@ yahoo.com, wahyu_komang@ mail.tempo. co.id.

 

Aturan Kompetisi

1.            Setiap jurnalis media cetak/online, radio, televisi, dan foto bisa ikut kompetisi. Peserta adalah jurnalis yang bekerja di media massa lokal maupun nasional di Jakarta. Karya yang didaftarkan harus pernah dipublikasikan atau disiarkan di media massa yang bersifat umum.

2.            Setiap peserta hanya bisa mengajukan maksimal dua  karya dengan tema berbeda. Peserta hanya bisa mengirimkan lebih dari dua karya/tulisan jika itu merupakan hasil reportase dari satu subyek/isu pemberitaan yang sama, misalnya dalam bentuk tulisan berseri.

3.            Semua karya peserta harus pernah dipublikasikan pada media massa umum pada periode  waktu antara September 2007 hingga Juli 2008.

4.            Batas waktu pendaftaran adalah 26 Juli 2008.

5.            Masing-masing pemenang dari keempat kategori akan mendapatkan sertifikat, plakat dan hadiah menarik.

6.            Seluruh peserta harus menyatakan bahwa karya jurnalistik yang didaftarkan adalah benar-benar karya orisinal. Kualitas dan orisinalitas karya itu tidak mengalami perubahan signifikan meski telah mengalami proses editing atau penanganan proses produksi lain.

7.            Kalau ada ralat dalam karya yang didaftarkan, ralat itu harus disertakan. Hal ini penting untuk menjaga tingkat akurasi karya itu, juga untuk menghindari klaim plagiatisme serta tuntutan pencemaran nama baik.

8.            Seluruh karya yang masuk tidak akan dikembalikan.

9.            Untuk karya bersama, semua jurnalis yang terlibat dalam pembuatan karya itu harus disebutkan, seperti redaktur, produser, dan periset. Jumlah maksimum tiga orang.

10.        AJI Jakarta telah menunjuk tim juri independen yang terdiri dari lima jurnalis berpengalaman dari keempat kategori media yang dilombakan, yang akan menilai semua karya yang masuk.

11.        Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat. Juri memiliki hak untuk menolak satu karya yang didaftarkan yang dianggap tidak memenuhi persyaratan. Juri juga berhak menarik kembali penghargaan 'Apresiasi Jurnalis Jakarta' yang diberikan seandainya di kemudian hari, karya yang memenangkan penghargaan itu ternyata  bermasalah.

12.        Pemenang penghargaan akan dipilih berdasarkan kualitas karya jurnalistiknya terutama dalam hubungannya dengan penggunaan teknik jurnalisme investigatif. Juri juga akan mempertimbangkan sejumlah kriteria umum seperti; nilai kelayakan berita, riset, penulisan/produksi, dampak/manfaat untuk publik, etika, inovasi dan kreatifitas. Juri akan mempertimbangkan pula soal sumber berita yang digunakan serta upaya yang dilakukan dalam membuat karya itu.

 

Penutup

Pemenang penghargaan ini akan diumumkan pada Malam Resepsi Peringatan UlangTahun AJI ke 14 pada Kamis, 7 Agustus mendatang. AJI Jakarta mengharapkan dengan penganugerahan 'Apresiasi Jurnalis Jakarta' ini,  kawan-kawan jurnalis di Jakarta terpacu untuk meningkatkan kualitas karya jurnalistiknya di masa mendatang.

 

 

============ ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= ========= =========
 

Formulir Pendaftaran

APRESIASI JURNALIS JAKARTA 2008

 

 

 

 

 

DATA DIRI

Nama                          : ____________ _________ _________ _________ ___

 

E-mail pribadi              : ____________ _________ _________ _________ ___

 

Jabatan                       : ____________ _________ _________ _________ ___

 

Alamat Rumah                : ____________ _________ _________ _________ ___

 

Telepon Rumah               : ____________ _________ _________ _________ ___

 

Faximile Rumah              : ____________ _________ _________ _________ ___

 

DATA MEDIA TEMPAT BEKERJA

Nama Media                          : ____________ _________ _________ _________ ___

 

Telepon                       : ____________ _________ _________ _________ ___

 

Faximile                            : ____________ _________ _________ _________ ___

 

E-mail                              : ____________ _________ _________ _________ ___

 

 

KATEGORI


o    Cetak/Online

o    Radio

o    Televisi

o    Foto


 

 

KARYA DAN WAKTU PENERBITAN/PENYIARA N

Judul                               : ____________ _________ _________ _________ ___

Tanggal Penerbitan/

Penyiaran                           : ____________ _________ _________ _________ ___

 

(Setiap peserta bisa mengirimkan lebih dari satu karya yang menyangkut

cakupan isu berita yang sama. Setiap karya harus dipublikasikan dalam

rentang waktu Januari 2007 hingga Juli 2008)

 

DESKRIPSI SINGKAT SOAL KARYA DAN DAMPAKNYA

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

 

PENGALAMAN PROFESIONAL PESERTA :

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

RIWAYAT PENDIDIKAN PESERTA :

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

____________ _________ _________ _________ _________ _________ ___

 

 

PERNYATAAN PESERTA

Dengan ini, saya menyatakan bahwa karya yang saya kirimkan untuk mengikuti

kompetisi penghargaan 'Apresiasi Jurnalis Jakarta 2008' adalah karya

orisinal (di luar penanganan sub-editoral/ produksi) dan karya tersebut

memenuhi segala ketentuan hak cipta.

 

 

 

Tandatangan     : ____________ _________ ___ (Tanggal : ____________ _____)

 


__._,_.___

--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

No comments: