Tuesday, June 24, 2008

UN SMA, Sulsel Nomor 9 Nasional


Ya, masih agak mending dibandikan hasil UN SMP.

http://www.tribun-timur.com/view.php?id=84373&jenis=Front

Selasa, 24-06-2008 
UN SMA, Sulsel Nomor 9 Nasional
UN SMP, Sulsel Urutan Ke-26 dari 33 Provinsi; Sisi Persentase Kelulusan; Kalah dari Sulut, Sulbar, Sultra, dan Gorontalo; Di Atas Sulteng dan Bangka Belitung; Anwar Arifin: Dipengaruhi Sekolah Swasta dan Daerah Terpencil
 
Makassar, Tribun - Sulawesi Selatan (Sulsel) berada di peringkat kesembilan tingkat kelulusan secara nasional merujuk pada hasil ujian nasional (UN) SMA/sederajat 2008. Bali, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur berada di posisi tiga besar.
Data tersebut diperoleh Tribun dari Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP), Senin (23/6). Dua provinsi di Sulawesi, Sulawesi Utara dan Gorontalo, berada di atas Sulsel yakni di posisi keenam dan ketujuh.
 
Namun untuk tingkat SMP/sederajat, posisi Sulse berada di urutan 26 dari 33 provinsi. Di Sulawesi, Sulsel hanya unggul di atas Sulawesi Tengah.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang)
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) RI, Prof Dr Mansyur Ramly, yang dikonfirmasi terpisah, membenarkan data BSNP tersebut.
"Data tersebut mengacu pada tingkat kelulusan peserta UN. Sedangkan data soal peringkat nilai per jurusan atau mata pelajaran, saya belum mengetahui," katanya.
Dihubungi terpisah, Wakil Kepala Dinas Diknas Sulsel,
Saleh Gottang, mengaku belum mendapat informasi seputar posisi Sulsel di UN SMP dan SMA secara nasional.
Namun, bila mengacu pada nilai UN tahun 2007, Sulsel berada di posisi keempat untuk jurusan IPA, posisi keempat IPS, dan keenam untuk jurusan bahasa.
"Kalau tahun lalu tidak ada data seperti yang Anda sebutkan. Kita hanya mendapat data dengan merujuk pada nilai rata-rata," katanya.

Naikkan Standar
Mansyur berharap, semua pihak bisa melakukan evaluasi untuk menghasilkan kualitas UN yang lebih baik di tahun yang akan datang.
Secara nasional, Mansyur mengungkapkan, daerah yang fasilitasnya terbilang rendah juga mengalami peningkatan nilai rata-rata UN. Padahal, batas nilai standar yang ditetapkan pemerintah meningkat dan jumlah mata pelajaran bertambah dibandingkan tahun lalu.
Sebelumnya, Mendiknas Bambang Soedibyo mengatakan, kenaikan nilai rata-rata itu memungkinkan nilai minimal kelulusan UN SMA tahun depan juga akan dinaikkan. "Kenaikan itu demi meningkatkan kualitas mutu pendidikan di masa mendatang," kata Bambang.
Standar nilai UN 2008 adalah 5,25. Jika disesuaikan dengan peningkatan rutin 0,25 poin setiap tahun, standar nilai UN 2009 akan menjadi 5,5.
Kenaikan standar nilai tersebut dianggap penting karena siswa dihadapkan pada persaingan dunia yang semakin ketat.
Untuk mencapainya, harus ada peningkatan kualitas pendidikan di segala tingkat demi mengejar ketinggalan dengan negara lain.

Sekolah Swasta

Menanggapi hasil UN SMP Sulsel yang cukup terpuruk, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Prof Dr Anwar Arifin, mengatakan, kualitas sebagian sekolah swasta dan sekolah di daerah terpencil menjadi salah satu penyebab keterpurukan tersebut.
Anggota DPR RI asal Sulsel ini juga mengaku belum mendapat informasi resmi soal posisi Sulsel secara nasional. "Saya baru membaca di media kalau kelulusan UN SMP di Sulsel sekitar 80 persen," kata guru Besar Universitas Hasanuddin ini.
Pelaksanaan UN SMA di Sulsel sempat tercoreng oleh kasus pembocoran kunci jawaban yang melibatkan enam sekolah swasta, termasuk SMA Kartika Wirabuna yang masuk kategori SMA swasta ternama.
Sedangkan Saleh menilai, masih banyak banyak yang perlu dievaluasi dalam UN kali ini. Salah satunya adalah tingkat kesulitan soal yang perlu dikaji ulang.
"Kesadaran tenaga pendidik, membenahi skill anak didik agar bisa menjalani proses belajar mengajar, juga harus menjadi perhartian kita," kata Saleh.
Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan yang menunjang proses belajar mengajar juga diharapkan bisa membantu memperbaiki kualitas dan kuantitas siswa yang lulus.

--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

No comments: