Thursday, June 26, 2008

Tidak Satu Pun Peserta UN di Enam SMP di Makassar Lulus

Ini malapetaka ujian nasional. Tidak satu pun siswanya lulus. Apa kerja guru-gurunya?

Sumber: Tribun Timur, Makassar
www.tribun-timur.com

Kamis, 26-06-2008 
Ada SMP dengan Kelulusan Nol Persen
Enam Kepala Sekolah Bakal Dipanggil
 
Makassar, Tribun - Dinas Pendidikan Kota Makassar mencatat ada enam sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) yang tingkat kelulusannya nol persen alias tidak ada yang lulus. Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, M Natsir Aziz, akan memanggil enam kepala sekolah tersebut.
Enam SLTP tersebut seluruhnya adalah sekolah swasta, yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 4, SMP Yapenda Pusat, SMP Ki Hajar Dewantara, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Cabang Mamajang, MTs YPIQ Al Musyahwirah, dan MTS TPI Makassar.
 
"Bagaimana pun juga mereka terkejut dengan hasil ini. Tapi maumi diapa, itulah hasilnya. Nanti setelah mereka tenang, kepala sekolahnya akan saya panggil, kenapa bisa sampai tidak ada yang lulus," ujar Natsir di Kantor Dinas Pendidikan Kota Makassar, Rabu (25/6).
Di SMP Muhammadiyah 4 hanya sembilan peserta ujian nasional (UN), semuanya tidak lulus. Di SMP Yapenda Pusat terdapat 19 siswa peserta UN dan tidak lulus semua, di SMP Ki Hajar Dewantara hanya 18 peserta UN dan tidak lulus semua.
Sementara di MTs Muhammadiyah Mamajang terdapat 13 peserta UN dan dinyatakan tidak lulus semuanya. Di MTs TPI Makassar hanya tercatat delapan peserta dan tidak lulus semua. Yang agak banyak di Mts YPIQ Al Musyahwirah yaitu 48 peserta dan tidak ada satu pun yang lulus.
Natsir mengatakan, keenam sekolah itu merupakan sekolah yang aktif. Berbeda dengan beberapa sekolah yang memang tidak memiliki aktifitas belajar dan mengajar. Tetapi hal ini membuktikan bahwa aktifitas belajar-mengajar di sekolah-sekolah tersebut sangat tidak baik.
Di Makassar, ada 126 SMP swasta dan 26 Mts swasta yang tercatat di Dinas Pendidikan Kota Makassar. Jumlah keseluruhan peserta UN SMP swasta sebesar 7.208. Sebanyak 1.470 siswa di antaranya tidak lulus. Sementara di Mts swasta terdapat 1.883 peserta UN dan 558 tidak lulus.

Hanya 71,40 Persen
TINGKAT kelulusan SLTP di Makassar tahun ini anjlok dibandingkan tahun lalu. Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, M Natsir Azis, mengatakan, hal ini terjadi karena banyak siswa yang tidak bisa memenuhi standar kelulusan 5,25 yang memang lebih tinggi 25 poin dibanding tahun lalu.
Secara keseluruhan tercatat 19,919 siswa kelas tiga SMP dan MTs negeri maupun swasta yang ikut ujian nasional (UN). Jumlah peserta yang tidak lulus sebanyak 5.697 siswa atau 28,60 persen. Sedangkan jumlah siswa yang lulus sebanyak 14.222 siswa atau 71,40 persen.
Terkait dengan hal ini, Komisi D DPRD Kota Makassar akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar hari ini. Selain meminta penjelasan tentang tingginya persentase ketidaklulusan, anggota DPRD juga akan menanyakan tentang standar penerimaan SMA yang dinilai terlampau tinggi.


--
Tribun Timur,
Surat Kabar Terbesar di Makassar
http://www.tribun-timur.com

FORUM DISKUSI PEMBACA TRIBUN TIMUR
tribun.freeforums.org

Usefull Links:

http://jurnalisme-makassar.blogspot.com
http://jurnalisme-tv.blogspot.com
http://jurnalisme-radio.blogspot.com
http://jurnalisme-blog.blogspot.com
http://makassar-updating.blogspot.com
http://makassar-bugis.blogspot.com

No comments: