Friday, February 22, 2008

Sebulan, Hampir 1.000 Unit Mobil Terjual di Makassar

Berapa unit mobil yang laku di Makassar dalam sebulan? Cukup banyak. Data Samsat Makassar yang dikutip koran Tribun Timur, Makassar, dalam sebulan terjual 798 unit (data Januari 2008). Toyota Avanza memimpin dengan 71 unit, disusul kembarannya, Daihatsu Xenia dengan 69 unit.

Di mobil medium, Daihatsu mengalahkan Toyota untuk produk Daihatsu Terios (35 unit). Toyota Rush hanya terjual 22 unit.

Pertarungan Suzuki dan Honda di kelas sedan menengah cukup seru. Ini datanya:

Jumat, 22-02-2008 
Suzuki Swift Salip Honda Jazz
Makassar, Tribun - Untuk pertama kalinya sejak tahun 2004, penjualan Honda Jazz ditaklukkan Suzuki Swift.
Swift menguasai pasar di kelas city car medium dengan membukukan penjualan 33 unit per Januari 2008 di Makassar. Sedangkan Jazz hanya terjual 29 unit.
Sales Supervisor PT Megahputera Sejahtera (MpS), Ricky, di Makassar, Kamis (21/2), mengatakan, selama ini Swift selalu menempati posisi tiga dalam penjualan. Namun, kali ini banyak dilirik konsumen.
 
Apakah itu karena reposisi segmen dan penurunan spesifikasi yang dilakukan Indomobil? Ricky mengaku bahwa hal itu tak dapat dipisahkan.
Reposisi segmen dan penurunan spesifikasi membuat harganya turun sekitar Rp 10 juta-Rp 20 juta. Harga baru Swift Rp 141,85 juta-Rp 152,95 juta. Harga lama Rp 157,5 juta-Rp 178,5 juta.
"Selain harga yang lebih terjangkau, stoknya juga banyak," katanya. Kondisi berbeda ketika masih CBU (completely built up/impor utuh) dari Jepang, MpS terkendala stok. "Tapi setelah di CKD (completely knock down/diimpor terurai lalu dirakit di Indonesia)- kan, maka stoknya ready," ujarnya.
Data market di atas terlihat pada data yang dirilis Samsat Makassar. Dari data ini pula terlihat bahwa posisi Toyota Yaris yang selama ini membuntuti Jazz, kini terlempar ke posisi tiga dengan membukukan penjualan 17 unit.
Sisanya, merek lain (Daihatsu Sirion, Nissan Livina, Hyundai New Getz, dan Kia Pride) sebanyak enam unit.
Total penjualan city car medium per Januari 2008, sebanyak 85 unit. Jumlah ini lebih baik dibanding Januari 2007 yang hanya terjual 67 unit.
Ini berarti, pasar mobil yang berbasis sedan ini tumbuh 21,17 persen.
Tahun 2007, city car medium yang terjual 624 unit. Jazz memimpin pasar dengan membukukan penjualan 398 unit, Yaris 137 unit, Swift 54 unit, Daihatsu Sirion 14 unit, Hyundai Getz 10 unit, Suzuki Aerio sembilan unit, dan sisanya merek lain dua unit.
Honda Jazz
Branch Manager PT Honda Sanggar Laut Selatan (HSLS), Dewi S Tanjung, mengatakan, cuaca yang tak menentu menyebabkan pengiriman kendaraan tergangganggu.
Hal itulah yang dinilai menjadi penyebab pasokan Jazz ke Makassar berkurang yang berdampak pada pasar.
"Stok Jazz tetap aman dan peminatnya tetap banyak. Namun, kami terkendala pada pengiriman unit karena cuaca tidak menentu. Akibatnya, stok Jazz terkumpul di perusahaan ekspedisi," ungkap Dewi.
Namun, dia mengaku belum mengetahui data penjualan Jazz per Januari 2008 di Makassar.
HSLS merupakan satu dari tiga diler Honda di Makassar, selain PT Honda Makassar Indah dan PT Honda Remaja Jaya.
Dewi juga membantah stok Jazz mulai berkurang seiring dengan bakal hadirnya Jazz baru yang rencananya akan diluncurkan pertengahan tahun 2008.
Faktor lainnya, konsumen Honda kini banyak melirik ke All New CR-V yang dibanderol Rp 292-325,5 juta.
Chery
Masih data Samsat Makassar, terlihat bahwa selain Suzuki yang membuat kejutan, mobil Cina, Chery juga unjuk gigi. Buktinya, Chery yang memasarkan QQ untuk segmen pasar city car low membukukan penjualan lima unit.
Sedangkan pesaingnya seperti Karimun Estilo dan Picanto penjualannya hanya tercatat masing-masing satu unit.
Mobil kecil untuk penjelajah kota ini membukukan penjualan total 10 unit. Dibandingkan Januari 2007, total penjualan city car low hanya tiga unit. Berarti, terjadi peningkatan signifikan.
Baru-baru ini, Chery melalui main dealer PT Megahputera Perkasa (MpP), mendatangkan sport utility vehicle (SUV) Tiggo dengan harga Rp 155 juta. Jika melihat wajah depan mobil asal Tirai Bambu ini, mirip dengan asal Korea, Kia Sorento. Sedangkan bokongnya mirip Toyota RAV4 dan Honda CR-V generasi pertama.
Sepanjang tahun 2007, city car low yang terjual 80 unit. Suzuki Karimun Estilo memimpin pasar dengan membukukan penjualan 62 unit, lalu Hyundai ATOZ delapan unit, Kia picanto delapan unit, dan sisanya merek lain dua unit.
Mobil yang cukup laris lainnya adalah Avanza 71 unit, Xenia 69 unit, Innova 51 unit, APV 42 unit, Terios 35 unit, Swift 33 unit, Grand Livina 31 unit, Honda Jazz 29 unit, Grand Vitara 25 unit, dan Rush 22 unit.
Total mobil yang terjual di Makassar per Januari 2008 sebanyak 798 unit. Market Makassar merupakan pencerminan mobil yang terjual di Sulawesi Selatan, yang mana 80 persen mobil terjual di Makassar.

Ada peristiwa menarik?
SMS www.tribun-timur.com di 081.625.2233
email: tribuntimurcom@yahoo.com

Hotline SMS untuk berlangganan Tribun
Timur edisi cetak: 081.625.2266.
Telepon: 0411 (8115555) (eki)

--
Tribun Timur, Surat Kabar
Terbesar di Makassar
www.tribun-timur.com

No comments: