Thursday, February 28, 2008

KPK Gelar Rekonstruksi Aliran Uang BI ke Anggota DPR

SUMBER
http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/02/tgl/27/time/210717/idnews/901102/idkanal/10

27/02/2008 21:07 WIB
KPK Gelar Rekonstruksi Aliran Uang BI ke Anggota DPR
Irwan Nugroho - detikcom

Jakarta - KPK terus berupaya melengkapi bukti kasus aliran dana BI ke DPR, salah satunya dengan menggelar rekonstruksi penyerahan uang dari pejabat BI kepada anggota DPR.

Rekonstruksi digelar di kediaman mantan anggota DPR yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jambi Antony Zeidra Abidin. Di rumah mewah milik Antony yang berlokasi di Jl Gandaria Tengah I No 5, Jaksel inilah uang miliaran rupiah diserahkan dalam sebuah travel bag besar.

Sekitar pukul 20.00 WIB, Rabu (27/2/2008), 3 mobil kijang yang berisi penyidik KPK tiba di rumah Antony. Salah satu mobil ditumpangi sang empunya rumah.

Berselang 15 menit kemudian, 3 mobil kijang KPK lainnya menyusul. Anggota FPG Hamka Yamdu yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan Eks Kepala Biro Komunikasi BI Rusli Simanjuntak tampak turun dari salah satu mobil.

Rekonstruksi diperankan oleh beberapa model. Adegan pertama dimulai ketika sebuah mobil jenis Mazda minibus tiba di halaman rumah Antoni.

Mobil tersebut berisi Rusli Simanjuntak, sopir yang bernama Jhonatan dan seorang staf BI bernama Asnar Azhari.

Adegan berikutnya, tampak Jhonatan dan Asnar yang juga diperankan oleh model turun membawa sebuah travel bag besar berwarna biru. Diduga, tas tersebut yang berisi uang miliaran rupiah.

Selanjutnya, Jhonatan, Asnar, dan Rusli masuk ke dalam rumah Antony dengan diiringi seorang pembantu.

Hanya itu rangkaian kejadian rekonstruksi yang bisa disaksikan wartawan karena rekonstruksi dilaksanakan secara tertutup. Tidak diketahui, proses selanjutnya karena tidak ada satu pun penyidik KPK yang mau memberikan informasi.

Kurang lebih sekitar 30 menit, rekonstruksi berlangsung. Belasan penyidik dan ketiga pelaku kemudian keluar. Informasi yang dihimpun detikcom, rekonstruksi itu berlanjut ke Hotel Sultan.

Di Hotel yang tidak jauh dari Gedung DPR di Jl Gatot Subroto inilah, Rusli kemudian menyerahkan uang kepada anggota DPR lainnya Hamka Yamdu.

Selama proses rekonstruksi berlangsung, puluhan warga tampak mengerumuni rumah Antony. Mereka berdesak-desakan di pagar untuk mengintip ke halaman rumah.
( bal / bal )
--
Tribun Timur, Surat Kabar
Terbesar di Makassar
www.tribun-timur.com

No comments: